Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film Purbalingga   
Home » , » Warga Sirau Rutin Berantas Babi Hutan

Warga Sirau Rutin Berantas Babi Hutan

Posted by Warta Purbalingga on Saturday, October 25, 2014

http://wartapurbalingga.blogspot.com/Puluhan warga Desa Sirau berburu babi hutan secara massal Rabu (22/10). Perburuan dilakukan karena populasi babi hutan sudah sangat meresahkan para petani. Apalagi menjelang musim tanam, babi hutan biasanya akan merusak tanaman.

Dibantu anjing-anjing pemburu yang sudah terlatih, warga menyisir kawasan hutan yang jadi tempat persembunyian kawanan babi hutan. Akhirnya, satu persatu babi hutan tertangkap. Babi hutan yang berhasil ditangkap ini bukan untuk dikonsumsi atau dijual, tapi dijadikan santapan anjing-anjing pemburu.


Tim pemburu babi hutan Desa Sirau, Mukdori (45) menjelaskan, menjelang musim tanam kegiatan berburu babi hutan memang lebih diintensifkan. Tujuannya agar hewan bercula tersebut masuk ke dalam hutan dan tidak lagi merusak tanaman masyarakat.


“Masyarakat berusaha agar tanaman bisa panen dan menghidupi keluarga,”tuturnya.

Setelah berburu, warga kemudian makan bersama di tengah hutan. Acara berburu babi ini menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan antara warga desa.


Dori menambahkan, keberadaan babi hutan di ladang-ladang dekat hutan bukan hanya merusak tanaman milik petani. Biasanya, saat tanaman di ladang sudah habis, tidak jarang babi hutan masuk pemukiman warga.


Kepala Desa Sirau Hendri Sutrisno S Sos menuturkan, biasanya babi hutan menyerang tanaman masyarakat yang dekat dengan hutan. Selain dekat dengan habitat, saat diburu babi akan kembali ke hutan dan menghilang.


“Sudah menjadi kegiatan rutin untuk memerangi babi hutan agar tanaman masyarakat bisa panen,” jelasnya.(Jok/bdg)

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Warta Purbalingga. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger